Sebagian Karyaku

Sebagian Karyaku
Hasil Goresan dari tahun 2010-2013

Ruang Singgah

Ruang tempat persinggahan imaji, mencari arti sunyi yang tersembunyi dalam diri demi meniti Cinta-Nya

Jumat, 23 November 2012

PASAR



PASAR
1.      Pengertian Pasar
“adalah tempat para penjual dan pembeli mengadakan transaksi usaha yang dapat diukur dg satuan moneter.”
2. Bentuk-bentuk Pasar:
a. Pasar berdasarkan wujudnya
-       Pasar Konkrit, yaitu pasar yang wujudnya ada, baik tempat dan barang yg diperjualbelikan.  Contoh Pasar tradisional
-       Pasar Abstrak, yaitu jenis pasar di mana tidak ada fisik barang yang diperjualbelikan hanya berupa contoh gambarnya. Contoh Bursa Efek, online shop.
b. Pasar berdasarkan Waktu terjadinya
-       Pasar Harian, Jenis pasar yang buka setiap hari. Contoh Pasar tradisional
-       Pasar mingguan, jenis pasar yang melakukan aktivitasnya seminggu sekali. Contoh Pasar kaget, pasar pon, pasar kliwon
-       Pasar bulanan, jenis pasar yang melakukan aktivitasnya sebulan sekali Pasar yg terjadi saat karyawan menerima gaji.
-       Pasar tahunan, jenis pasar yang melakukan aktivitasnya setahun sekali. Contoh Pekan raya Jakarta (Jakarta Fair), Sekatenan di Jogja dalam rangka menyambut Maulid Nabi
c. Pasar berdasarkan luas jangkauannya
-    Pasar lokal, Pasar yg memperjualbelikan barang-barang kebutuhan masyarakat lokal
-       Pasar regional, Pasar yg memperjualbelikan barang-barang kebutuhan masyarakat regional
-       Pasar nasional, Pasar yg memperjualbelikan barang-barang kebutuhan nasional
-       Pasar internasional, Pasar yg memperjualbelikan barang-barang kebutuhan antarnegar
d. Pasar berdasarkan hubungan dengan proses produksi
-       Pasar barang konsumsi, Pasar yang memperjual belikan kebutuhan sehari-hari
-       Pasar barang produksi, Pasar yg memperjualbelikan faktor-faktor produksi
e. Pasar berdasarkan strukturnya
-       Pasar persaingan sempurna (Perfect Competition), yaitu bentuk pasar yang terdapat banyak penjual
Ciri-cirinya:
1)         Terdapat banyak penjual
2)         Penjual adalah pengambil harga (price taker)
3)         Barang yang diperdagangkan bersifat serupa (homogen)
4)         Setiap penjual bebas keluar masuk pasar
5)         Penjual dan pembeli salinb mengetahui informasi harga
6)         Tidak ada campur tangan dari mana pun (pemerintah, serikat kerja, asosiasi produsen).

-    Pasar Persaingan Tidak Sempurna (imperfect market).
1)         Pasar Monopoli adalah bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual/produsen saja
Ciri-cirinya:
-             Hanya terdapat satu penjual
-             Hanya satu produsen yang dapat menentukan harga (price setter)
-             Tidak terdapat barang pengganti
-             Jika da penjual baru tidak mampu bersaing

2)         Pasar Monopsoni adalah keadaan pasar barang-barang tertentu yang permintaannya dikuasi oleh seorang atau sekelompok kecil pembeli

3)         Pasar Oligopoli merupakan pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual/produsen

Ciri-cirinya:
-             Jika produk yg dijual homogen maka disebut pure oligopoly
-             Jika produk yang dijual berbeda disebut diferrentiated oligoply
-             Masuknya produsen baru tidak sesulit dalam pasar monopoli
-             Terdapat saling ketergantungan antar oligopolis

4)         Pasar Monopolistik adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar ekstrem yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli.
Ciri-cirinya:
-       Cukup banyak penjual/produsen
-       Produk yang dihasilkan heterogen
-       Ada kelonggaran masuk pasar
-       Dalam batas tertentu produsen dapat mempengaruhi harga
-       Diperlukan promosi untuk memperluas pasar

2. Pasar Input merupakan pasar faktor-faktor produksi atau sarana untuk mempertemukan permintaan dan penawaran faktor-faktor produksi.
a. Pasar Modal (Capital Market)
Merupakan pasar di mana tempat diperjualbelikan dana-dana jangka panjang yang jatuh temponya lebih dari satu tahun.
1. Instrumen pasar Modal
   -  Saham: Surat tanda kepemilikan modal pada perusahaan yg berbentuk perseroan terbatas.
  - Obligasi: Surat pengakuan utang dari emiten yg mengandung janji pembayaran bunga  serta       pinjaman pokoknya sesuai jatuh tempo."
  - Right Issue: Hak untuk memesan terlebih dahulu saham yang baru terbit yang dimiliki  pemegang saham.
  - Warrant:  Hak pemegang saham untuk membeli saham dg syarat-syarat yg telah ditentukan."
 
2. Pelaku Pasar Modal 
    - Bapepam (Badan Pelaksana Pasar Modal)
  - Bursa efek: yang menyediakan sistem atau sarana mempertemukan permintaan dan penawaran surat-surat berharga.
    - Emiten: Pihak yg melakukan emisi atau yg melakukan penawaran umum surat berharga
  - Perusahaan efek: Perusahaan yg mendapat izin bapepam untuk menyelenggaran penjaminan emisi
  - Reksadana: wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yg diinvestasikan dalam bentuk efek.

b. Pasar Tenaga Kerja
     Merupakan pasar yang mempertemukan penawaran dan permintaan tenaga kerja.
1.   Manfaat Pasar tenaga kerja
-       Membantu pencari kerja untuk memperoleh pekerjaan
-       Membantu pihak yang membutuhkan tenaga kerja/perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja
-       Membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran

2.   Pelaku Pasar Tenaga Kerja
-          Pencari kerja
-          Perusahaan
-          Perantara seperti Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) yang menyalurkan tenga kerja.

3.   Instrumen Pasar Tenaga kerja yang diperoleh dari balai latihan kerja (BLK).
-          Pengetahuan
-          Keahlian
-          keterampilan

4.   Peran Pemerintah dalam Mempengaruhi Pembentukan Harga
a.       Menetapkan harga Maksimum dan minimum
b.      Memberikan subsidi
c.       Menetapkan pajak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar