PASAR
1. Pengertian
Pasar
“adalah
tempat para penjual dan pembeli mengadakan transaksi usaha yang dapat diukur dg
satuan moneter.”
2.
Bentuk-bentuk Pasar:
a. Pasar berdasarkan wujudnya
-
Pasar Konkrit, yaitu pasar yang wujudnya ada,
baik tempat dan barang yg diperjualbelikan. Contoh Pasar tradisional
-
Pasar Abstrak, yaitu jenis pasar di mana tidak
ada fisik barang yang diperjualbelikan hanya berupa contoh gambarnya. Contoh
Bursa Efek, online shop.
b. Pasar berdasarkan Waktu terjadinya
-
Pasar Harian, Jenis pasar yang buka setiap
hari. Contoh Pasar tradisional
-
Pasar mingguan, jenis pasar yang melakukan
aktivitasnya seminggu sekali. Contoh Pasar kaget, pasar pon, pasar kliwon
-
Pasar bulanan, jenis pasar yang melakukan
aktivitasnya sebulan sekali Pasar yg terjadi saat karyawan menerima gaji.
-
Pasar tahunan, jenis pasar yang melakukan
aktivitasnya setahun sekali. Contoh Pekan raya Jakarta (Jakarta Fair),
Sekatenan di Jogja dalam rangka menyambut Maulid Nabi
c. Pasar berdasarkan luas jangkauannya
- Pasar
lokal, Pasar yg memperjualbelikan barang-barang kebutuhan masyarakat lokal
-
Pasar regional, Pasar yg memperjualbelikan
barang-barang kebutuhan masyarakat regional
-
Pasar nasional, Pasar yg memperjualbelikan
barang-barang kebutuhan nasional
-
Pasar internasional, Pasar yg memperjualbelikan
barang-barang kebutuhan antarnegar
d. Pasar berdasarkan hubungan dengan proses
produksi
-
Pasar barang konsumsi, Pasar yang memperjual belikan
kebutuhan sehari-hari
-
Pasar barang produksi, Pasar yg memperjualbelikan
faktor-faktor produksi
e. Pasar berdasarkan strukturnya
-
Pasar persaingan sempurna (Perfect Competition), yaitu bentuk pasar yang terdapat banyak penjual
Ciri-cirinya:
1)
Terdapat
banyak penjual
2)
Penjual
adalah pengambil harga (price taker)
3)
Barang
yang diperdagangkan bersifat serupa (homogen)
4)
Setiap
penjual bebas keluar masuk pasar
5)
Penjual
dan pembeli salinb mengetahui informasi harga
6)
Tidak
ada campur tangan dari mana pun (pemerintah, serikat kerja, asosiasi produsen).
-
Pasar Persaingan Tidak Sempurna (imperfect market).
1)
Pasar Monopoli adalah bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual/produsen saja
Ciri-cirinya:
-
Hanya
terdapat satu penjual
-
Hanya
satu produsen yang dapat menentukan harga (price
setter)
-
Tidak
terdapat barang pengganti
-
Jika
da penjual baru tidak mampu bersaing
2)
Pasar Monopsoni adalah keadaan pasar barang-barang tertentu yang permintaannya dikuasi oleh
seorang atau sekelompok kecil pembeli
3)
Pasar Oligopoli merupakan pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual/produsen
Ciri-cirinya:
-
Jika
produk yg dijual homogen maka disebut pure
oligopoly
-
Jika
produk yang dijual berbeda disebut diferrentiated
oligoply
-
Masuknya
produsen baru tidak sesulit dalam pasar monopoli
-
Terdapat
saling ketergantungan antar oligopolis
4)
Pasar Monopolistik adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar ekstrem yaitu pasar
persaingan sempurna dan pasar monopoli.
Ciri-cirinya:
-
Cukup
banyak penjual/produsen
-
Produk
yang dihasilkan heterogen
-
Ada
kelonggaran masuk pasar
-
Dalam
batas tertentu produsen dapat mempengaruhi harga
-
Diperlukan
promosi untuk memperluas pasar
2.
Pasar Input merupakan pasar faktor-faktor produksi atau sarana untuk mempertemukan
permintaan dan penawaran faktor-faktor produksi.
a. Pasar Modal (Capital Market)
Merupakan
pasar di mana tempat diperjualbelikan dana-dana jangka panjang yang jatuh
temponya lebih dari satu tahun.
1. Instrumen pasar Modal
- Saham: Surat tanda kepemilikan modal pada perusahaan yg berbentuk perseroan terbatas.
- Obligasi: Surat pengakuan utang dari emiten yg mengandung janji pembayaran bunga serta pinjaman pokoknya sesuai jatuh tempo."
- Right Issue: Hak untuk memesan terlebih dahulu saham yang baru terbit yang dimiliki pemegang saham.
- Warrant: Hak pemegang saham untuk membeli saham dg syarat-syarat yg telah ditentukan."
2. Pelaku Pasar Modal
- Bapepam (Badan Pelaksana Pasar Modal)
- Bursa efek: yang menyediakan sistem atau sarana mempertemukan permintaan dan penawaran surat-surat berharga.
- Emiten: Pihak yg melakukan emisi atau yg melakukan penawaran umum surat berharga
- Perusahaan efek: Perusahaan yg mendapat izin bapepam untuk menyelenggaran penjaminan emisi
- Reksadana: wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yg diinvestasikan dalam bentuk efek.
b.
Pasar Tenaga Kerja
Merupakan
pasar yang mempertemukan penawaran dan permintaan tenaga kerja.
1. Manfaat
Pasar tenaga kerja
-
Membantu
pencari kerja untuk memperoleh pekerjaan
-
Membantu
pihak yang membutuhkan tenaga kerja/perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja
-
Membantu
pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran
2.
Pelaku Pasar Tenaga Kerja
-
Pencari
kerja
-
Perusahaan
-
Perantara
seperti Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) yang menyalurkan tenga kerja.
3.
Instrumen Pasar Tenaga kerja yang
diperoleh dari balai latihan kerja (BLK).
-
Pengetahuan
-
Keahlian
-
keterampilan
4.
Peran Pemerintah dalam Mempengaruhi
Pembentukan Harga
a.
Menetapkan
harga Maksimum dan minimum
b.
Memberikan
subsidi
c.
Menetapkan
pajak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar