Sebagian Karyaku

Sebagian Karyaku
Hasil Goresan dari tahun 2010-2013

Ruang Singgah

Ruang tempat persinggahan imaji, mencari arti sunyi yang tersembunyi dalam diri demi meniti Cinta-Nya

Senin, 11 Agustus 2014

Ringkasan Bab 1 Konsep Ilmu Ekonomi (KD 1)



A.     Pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli:

1. Paul A. Samuelson (2001) "Mendefinisikan ekonomi sbg kajian masyarakat menggunakan sumber-sumber daya yg langka untuk memproduksi komoditi-komoditi berharga dan mendistribusikannya kpd masyarakat luas."
2. Alfred Marshall dalam bukunya Principles of Economics (1987), "mendefinisikan ilmu ekonomi sbg suatu studi tentang manusia dlm kehidupannya sehari2yg mempelajari tindakan individu atau kelompok yg berkaitan erat dg pencapaian dan pemenuhan alat kebutuhan materi bagi kesejahteraannya.
3. Dominick Salvator dan Eugene a Diulio: "Ekonomi adalah ilmu sosial yg mempelajari individu2 dan organisasi yg terlibat dlm produksin konsumsi, dan distribusi brg dan jasa.
4. Mankiw "Ilmu ekonomi dpt diartikan sbg studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumberdaya yg selalu terbatas dan langka."
5. Adam Smith "Ilmu ekonomi secara matematis mempelajari tingkah laku manusia dlm usahanya utk mengalokasikan sumberdaya2 yg terbatas guna mencapai tujuan tertentu."

B. Pembagian ilmu ekonomi
1)      Ekonomi deskriptif
Adalah ilmu ekonomi yang berusaha mengumpulkan keterangan-keterangan berdasarkan fakta yang aktual dan relevan tentang peristiwa yang menjadi pokok permasalahan dan biasanya disajikan dalam bentuk angka-angka.
2)      Ekonomi Teori
Yaitu ilmu ekonomi yang bertugas mempelajari secara teori tentang bekerjanya sistem-sistem ekonomi. Teori ini terbagi ke dalam dua, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro.
Ekonomi Makro adalah bagian dari ilmu ekonomi teori yang mempelajari masalah-masalah ekonomi secara keseluruhan. Misalnya: Pendapatan nasional, produksi nasional, ekonomi internasional, konjungtur, inflasi, dll
Ekonomi Mikro adalah bagian dari ilmu ekonomi teori yang mempelajari kegiatan-kegiatan ekonomi dari unit-unit ekonomi secara individual sebagai bagian kecil dari keseluruhan kegiatan ekonomi. Misalnya: masalah harga, masalah kehidupan perusahaan, masalah biaya produksi, masalah upah, masalah tenaga kerja, dll.
3)      Ekonomi Terapan
Yaitu ekonomi yang merapkan atau menggunakan hasil- hasil pemikiran dari ilmu ekonomi teori untuk menerangkan fakta-fakta yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptif. Misalnya: politik ekonomi, ekonomi perusahaan, ekonomi moneter, ilmu keuangan negara, dll.
C.        Prinsip Ekonomi
Merupakan kaidah yang dijadikan pedoman umum untuk melakukan kegiatan ekonomi. Kaidah itu adalah berusaha dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin atau untuk memperoleh penghasilan tertentu dengan pengorbanan sekecil mungkin.




SOAL
Pertemuan I
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1.    Bagaimana pengertian ilmu ekonomi menurut anda, setelah anda menelaah dari beberapa pendapat!
2.        Bagaimana pembagian ilmu ekonomi yang telah anda pelajari dan berikan contohnya masing-masing dalam kehidupan anda!
3.         Bagaimana bunyi prinsip ekonomi, dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari berikan contohnya!

by: Lis 10/8/2014
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar