Sebagian Karyaku

Sebagian Karyaku
Hasil Goresan dari tahun 2010-2013

Ruang Singgah

Ruang tempat persinggahan imaji, mencari arti sunyi yang tersembunyi dalam diri demi meniti Cinta-Nya

Kamis, 30 Juni 2011

RPP-1

                                   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                          (RPP-1)


Satuan Pendidikan  : SMA Muhammadiyah 1 Bandung
Mata Pelajaran       : EKONOMI
Materi Pokok         : Kelangkaan dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia dan permasalahan ekonomi
Kelas                   : X/1
Waktu                  : 10 jam pelajaran (10 x 45 menit)/5 x Pertemuan



A. STANDAR KOMPETENSI

          Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan system ekonomi....


B. KOMPETENSI DASAR

1.1  Mengidentifikasi kebutuhan manusia
1.2  Mendiskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
1.3  Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi
1.4  Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain
1.5  Mengidentifikasi system ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi

C. INDIKATOR PENCAPAIAN

          Siswa dapat:

KD-1.1

1.     Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
2.     Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia

KD-1.2

1.     Mendeskripsikan pengertian kelangkaan
2.     Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan
3.     Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak

KD-1.3

1.     Mengidentifikasi jenis barang yang diproduksi
2.     Mengidentifikasi bagaimana cara memproduksi barang
3.     Mengidentifikasi ditujukan untuk siapa barang diproduksi

KD-1.4

1.     Mendeskripsikan pengertian biaya peluang
2.     Menunjukkan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain

KD-1.5

1.     Mendeskripsikan pengertian system ekonomi
2.     Mendeskripsikan macam-macam system ekonomi
3.     Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan system ekonomi
4.     Mengidentifikasi cara memecahkan masalah ekonomi melalui system ekonomi yang dianut


D. TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Mengkaji Referensi tentang system ekonomi

·         Mengidentifikasi system ekonomi yang ada dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui studi lapangan

I.             TUJUAN PEMBELAJARAN

            Melalui kajian referensi di Perpustakaan dan studi lapangan siswa dapat....
1. Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
2. Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia
3. Mendeskripsikan pengertian kelangkaan
4.  Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan
5.  Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak
6.  Mengidentifikasi jenis barang yang diproduksi
7.  Mengidentifikasi bagaimana cara memproduksi barang
8.  Mengidentifikasi ditujukan untuk siapa barang diproduksi
9.  Mendeskripsikan pengertian biaya peluang
10.Menunjukkan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain
11. Mendeskripsikan pengertian system ekonomi
12. Mendeskripsikan macam-macam system ekonomi
13. Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan system ekonomi
14. Mengidentifikasi cara memecahkan masalah ekonomi melalui system ekonomi yang dianut

E. MATERI PEMBELAJARAN

Kebutuhan manusia:
  • Pengertian kebutuhan manusia
  • Macam-macam kebutuhan

Berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas:
  • Pengertian kelangkaan
  • Faktor-faktor penyebab kelangkaan
  • Pengalokasian sumber daya ekonomi

Masalah pokok ekonomi:

  • Barang apa yang diproduksi
  • Bagaimana cara memproduksi barang
  • Untuk siapa barang diproduksi

Biaya peluang:
  • Pengertian biaya peluang
  • Contoh biaya peluang pada kesempatan kerja

Sistem ekonomi:
  • Pengertian system ekonomi
  • Macam-macam system ekonomi
  • Kebaikan dan kelemahan system ekonomi
  • Cara memecahkan masalah ekonomi melalui system ekonomi yang dianut

F. METODA PEMBELAJARAN
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Tanya jawab
  • Demontrasi
  • Peugasan

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pembukaan: (  10 menit )/pertemuan
  • Mengabsen siswa
  • Memberikan pertanyaan secara langsung sebagai pre test
Kegiatan Inti: ( 60 menit)/pertemuan

KD-1.1 (Pertemuan ke 1)

  • Mencari informasi tentang pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai sumber.
  • Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah setempat.
  • Mengajak siswa untuk berdiskusi tentang kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan, dan mengklasifikasikan jenis kebutuhan berdasarkan tingkatan kebutuhan tersebut.
  • Menarik kesimpulan akhir pembahasan.

KD-1.2(Pertemuan ke 2 )

  • Menggali informasi tentang kelangkaan.
  • Mendiskusikan faktor-faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat, dan mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
  • Mengkomunikasikan hasil diskusi.

KD-1.3 (Pertemuan ke 3 )

  • Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi melalui studi lapangan di suatu daerah.
  • Melaporkan hasil studi lapangan.

KD-1.4 (Pertemuan Ke 4)

  • Mencari konsep biaya peluang melalui referensi.
  • Mendiskusikan contoh-contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
  • Menarik kesimpulan akhir.

KD-1.5 (Pertemuan ke 5 )

  • Mengkaji referensi tentang system ekonomi.
  • Mengidentifikasi system ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui studi lapangan.
  • Melaporkan hasil studi lapangan.

Penutup: (10 menit)/pertemuan
  • Memberikan tugas individu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai post test.
  • Memberikan tugas individu atau kelompok sebagai resume materi dan memberikan laporannya.

H. SUMBER PEMBELAJARAN

IV. SUMBER PEMBELAJARAN
  • Buku-buku sumber
  • Referensi yang relevan pada sumber bahan

I. PENILAIAN

V. PENILAIAN
Penilaian Proses:
Tes lisan, ulangan, tugas individu, tugas kelompok.

Penilaian Produk:
Tes tertulis pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas.
Instrumen Penilaian:


¨      PILIHAN GANDA

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!


1.      Sesuatu hal yang harus dipenuhi, apabila tidak aktivitas kehidupan akan terganggu bahkan kita tidak akan hidup. Hal ini merupakan konsep…
A. kelangkaan
C. keinginan
E. kesejahteraan
B. kebutuhan
D. kemakmuran


2.      Benda pemuas kebutuhan yang cara mendapatkannya memerlukan pengorbanan adalah benda…
A. produksi
C. substitusi
E. ekonomi
B. konsumsi
D. bebas


3.      Kelangkaan di dalam ilmu ekonomi berarti…
A. tidak adanya sumber daya
B. kebutuhan manusia beraneka ragam
C. sumber kebutuhan berasal dari alam
D. kebutuhan manusia bersifat jasmani dan rohani
E. sumber daya terbatas dan kebutuhan tidak terbatas

4.      Perhatikan pernyataan berikut!
1. Jumlah tenaga ahli kurang              4. Kebutuhan manusia terbatas
2. Sumber daya alam melimpah         5. Jumlah modal terbatas
3. Penguasaan ilmu dan teknologi rendah      
Faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan sarana pemuas kebutuhan, yaitu…
A. 1, 2, dan 3
C. 1, 3, dan 5
E. 3, 4, dan 5
B. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5




5.      Berikut ini adalah unsur pembentuk sumber daya manusia yang berkualitas, kecuali
A. keahlian
C. keadilan
E. kekuatan fisik
B. kejujuran
D. kekayaan


6.      Benda yang langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan adalah benda…
A. produksi
C. substitusi
E. komplementer
B. konsumsi
D. ekonomi


7.      Berdasarkan fungsinya terhadap barang lain, barang dibedakan menjadi…
A. barang bebas dan barang konsumsi
B. barang substitusi dan barang komplementer
C. barang substitusi dan barang bebas
D. barang ekonomis dan barang bebas
E. barang komplementer dan barang konsumsi

8.      Berikut ini merupakan faktor-faktor yang dibutuhkan dalam kegiatan produksi barang, kecuali
A. peluang
C. modal
E. alam
B. keahlian
D. tenaga kerja


9.      Berikut ini yang bukan merupakan ciri barang ekonomi adalah…
A. mempunyai nilai pakai
D. jumlahnya terbatas
B. mempunyai nilai tukar
E. tersedia di mana-mana
C. diperlukan pengorbanan


10.   Analisis segmen pasar sangat diperlukan oleh produsen dalam mengatasi masalah ekonomi. Analisis tersebut berhubungan dengan masalah ekonomi…
A. how
C. where
E. what
B. for whom
D. who


11.   Biaya yang dikorbankan seseorang karena mengambil sebuah pilihan disebut…
A. implicit cost
C. opportunity cost
E. budget cost
B. explicit cost
D. expenditures


12.   Seorang supir angkutan memiliki uang sebesar Rp 100.000,00 untuk membeli 2 kg cat tembok, tetapi karena bensinnya habis maka uang tersebut dipergunakan untuk membeli bensin sebesar Rp 50.000,00. Biaya yang dikeluarkan supir tersebut termasuk biaya…
A. peluang
C. langsung
E. variabel
B. sehari-hari
D. tak langsung


13.   Salah satu ciri system ekonomi tradisional, yaitu…
A. faktor-faktor produksi dikuasai oleh pemerintah
B. adanya persaingan bebas antar pengusaha
C. pemerintah secara politik mengawasi dan membantu kegiatan ekonomi
D. produsen memproduksi apabila dibutuhkan
E. tidak ada kebebasan berusaha secara individu

14.   Berikut adalah berapa kebaikan system ekonomi, yaitu
1. menumbuhkan inisiatif                  4. mudah melakukan pemerataan
2. jarang terjadi krisis                       5. kualitas barang tinggi
3. terdapat efisiensi dan efektivitas    
Yang merupakan kebaikan system ekonomi pasar adalah…
A. 1, 2, dan 3
C. 1, 3, dan 5
E. 2, 3, dan 5
B. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 4


15.   Pemerintah secara bertahap menghilangkan subsidi BBM. Hal ini bertujuan…
A. mengurangi ketergantungan masyarakat kepada pemerintah
B. mengurangi pendapatan masyarakat
C. mengurangi pendapatan pemerintah
D. mengurangi konsumsi masyarakat
E. menurunkan harga barang


¨      URAIAN

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!


1.      Jelaskan perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, serta berilah contohnya!
2.      Jelaskan yang dimaksud dengan biaya peluang (opportunity cost)!
3.      Definisikanlah sistem ekonomi!
 Bandung, 30 Juni 2011

Mengetahui,

Kepala SMA Muhammadiyah 1  Bandung                                            Guru Mata Pelajaran Ekonomi


Drs. H. Eko Widodo                                                                            Elis Tating Bardiah, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar